Bahaya Ransomware Wanna Cry, dan Pencegahannya.

0
281

Ransomware adalah bentuk malware yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. Enkripsi ini bisa ‘ditebus’ dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada pemilik virus. Varian Wannacry yang tren sejak kemarin ini merupakan bagian dari alat yang dikembangkan oleh NSA (National Security Agency) yang berhasil diretas hacker berkode Shadow Brokers dan kemudian disebarkan melalui github.

Pertama kali serangan ini terlihat dialami oleh British National Health Service (NHS) yang mana menjadikan sistem komputer menolak pasien, membatalkan operasi, dan menjadwal ulang janji temu pasien.

Dalam beberapa jam sudah terdeteksi 36.000 serangan Wannacry dengan Russia sebagai negara yang paling terkena dampak.

Dan berkembang hari ini menjadi 57.000 deteksi atau dua kali lipatnya!

Untuk sementara, Ransomware Wannacry baru menginfeksi Windows, secara spesifik, Windows XP, namun dikhawatirkan akan keluar varian yang bahkan bisa mempengaruhi sistem PC kamu yang menggunakan Windows 7, Windows 10, atau bahkan Linux dan Mac OS!

Ransomeware jenis baru yang kini menyerang berbagai negara ini diberi nama Wannacry (dikenal pula dengan nama WannaCrypt, WanaCrypt0r, WCrypt, WCRYVector atau Wcry).

Wannacry ini memanfaatkan kelemahan yang ada pada Microsoft SMB yang ditemukan beberapa bulan yang lalu. Sehingga untuk saat ini, untuk mencegah malware tersebut silahkan melakukan update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft (Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx) atau menonaktifkan fungsi SMBv1 (silahkan ikuti tautan berikut: https://support.microsoft.com/en-us/help/2696547/how-to-enable-and-disable-smbv1,-smbv2,-and-smbv3-in-windows-vista,-windows-server-2008,-windows-7,-windows-server-2008-r2,-windows-8,-and-windows-server-2012 ).

Adapun beberapa langkah tambahan yang dapat dilakukan  Klik Next untuk Pencegahan