Debian: Pada 1 November 2017 layanan FTP Publik akan dimatikan

Kabar mengejutkan datang dari situs resmi debian.org yang menyebutkan bahwa layanan FTP Publik akan dimatikan. Dalam situs menyebutkan beberapa alasan yang membuat service FTP dimatikan:

  1. FTP Server sudah tidak lagi support untuk caching dan akselerasi.
  2. Beberapa implementasi software yang stag ditengah jalan dan sangat tidak mungkin digunakan dikonfigurasi lagi.
  3. Penggunaan server FTP cukup rendah karena installer belum menawarkan FTP sebagai cara untuk mengakses mirror selama lebih dari sepuluh tahun.
  4. Protokol sudah sangat tidak efisien dalam penggunaannya dan membutuhkan rule firewall lagi dan daemon load-balanching.

Mungkin alasan diatas bisa dibilang merupakan alasan yang masuk akal karena saat ini orang lebih memilih menggunakan protokol lain yang lebih cepat dari FTP seperti SCP, HTTP, dan lain sebagainya.

Namun server FTP tidak akan dimatikan saat ini. Dalam situs resmi debian.org menyebutkan bahwa service tersebut baru akan dimatikan pada tanggal 1 November 2017. Beberapa service yang akan dimatikan yaitu:

  • ftp://ftp.debian.org
  • ftp://security.debian.org

Informasi untuk pengguna

Nama DNS dan akan tetap sama dan tidak akan diganti, hanya saja jenis servicenya yang berbeda. Untuk mirror hanya tinggal mengakses menggunakan HTTP:

  • http://ftp.debian.org
  • http://security.debian.org

Informasi untuk pengembang

Hal ini tidak akan mengganggu layanan pengembangan. Ini adalah queue upload arsip utama dan security:

  • ftp://ftp.upload.debian.org
  • ftp://security-master.debian.org

Informasi kontak

Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi laman resmi Debian di https://www.debian.org/, dan kirim email ke <press@debian.org>, atau kontak mirror team di mailing list publik <debian-mirrors@lists.debian.org>