Apache, MySQL, php, phpMyAdmin dan Webmin pada Ubuntu Server

0
297
LAMP+phpMyAdmin pada Ubuntu

Setelah melakukan konfigurasi dasar seperti pada tutorial sebelumnya (Konfigurasi dan Aplikasi Setelah Instalasi Server Ubuntu), selanjutnya penulis akan menjelaskan untuk mempersiapkan sebuah server Ubuntu agar dapat digunakan untuk kebutuhan servis yang lebih luas. Persiapannya adalah dengan memasang beberapa aplikasi/service lanjutan yaitu antara lain :

  1. Apache
    Apache adalah sebuah service web (web server) dimana fungsi dasarnya adalah untuk melayani request-response pada protokol HTTP, seperti misal aplikasi yang berjalan pada web, halaman web dan lainnya. Untuk instalasinya silahkan jalankan perintah berikut ini.

    sudo apt-get install apache2

    Jika sudah selesai terpasang, jangan lupa untuk membuka port 80 pada firewall.

    sudo ufw allow 80

    Instalasi apache2 Allow port 80 Menguji apache2 di browser

    Setelah itu coba browse server Ubuntu dengan mengetik IP address pada browser (http://alamat-IP-server). Jika halaman Apache2 terbuka, anda sudah berhasil memasang web server pada Ubuntu Server.

  2. MySQL
    Langkah selanjutnya adalah instalasi MySQL, yaitu aplikasi server untuk mengelola/manajemen/administrasi database. Cara pemasangannya dengan menjalankan perintah berikut dibawah ini.

    sudo apt-get install mysql-server

    Anda akan diminta untuk membuat password untuk user root. Buatlah dan konfirmasikan password yang anda buat.

    Instalasi mysql-server Buat password mysql-server


  3. PHP
    PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat, menangani serta untuk mengembangkan web site maupun untuk pemrograman lainnya. Untuk instalasinya silahkan eksekusi perintah berikut.

    sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql

    Setelah terpasang coba buatlah sebuah script untuk melihat detail MySQL server dengan menggunakan Vim.

    sudo vim /var/www/html/info.php

    Kemudian ketikan script berikut dibawah :

    <?php
    phpinfo();
    ?>

    Setelah script tersimpan coba bukalah pada browser script yang anda buat (http://alamat-ip-server/info.php).

    Instalasi php Membuat script info php Melihat setting php pada browser 

  4. phpMyAdmin
    phpMyAdmin adalah tool application untuk mengelolan MySQL yang dioperasikan melalui web browser, sehingga user akan lebih mudah melakukan administrasi database. Instalasinya adalah sebagai berikut :

    sudo apt-get install phpmyadmin

    Gunakan service apache2 untuk menjalankan phpMyAdmin. Pilihlah Yes untuk konfigurasi database dengan menggunakan dbconfig-common. Gunakan password MySQL server yang sudah anda buat sebelumnya dan konfirmasikan. Jika proses instalasi sudah selesai lakukan restart server apache2.

    sudo service apache2 restart

    Instalasi phpmyadmin Integrasi phpmyadmin dengan apache2 Gunakan dbconfig-common Password untuk phpmyadmin

    Bila apache sudah run kembali cobalah buka phpMyAdmin melalui browser yang anda gunakan (http://alamat-ip-server/phpmyadmin). Gunakan Username : root dan password untuk MySQL.

    Membuka phpmyadmin pada browser Dashboard phpmyadmin

  5. Webmin
    Webmin adalah sebuah aplikasi untuk memanajemen sistem Linux melalui antarmuka/interface web. Webmin akan mempermudah user untuk melakukan setting, administrasi, monitor, pengelolaan sebuah mesin Linux, khususnya server Linux yang umumnya menggunakan command line interface. Pada tutorial ini penulis menggunakan versi terbarunya, yaitu versi 1.831.
    Sebelum instalasi anda perlu memasang beberapa add-ons yang dibutuhkan terlebih dahulu pada server Ubuntu. Jalankan perintah berikut untuk menambahkannya.

    sudo apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python

    Instalasi add-ons Webmin

    Setelah semua terpasang unduhlah Webmin dari situs resminya.

    wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.831_all.deb

    Jika download sudah selesai, jalankan perintah berikut untuk memasang Webmin.

    sudo dpkg -i webmin_1.831_all.deb

    Secara default Webmin menggunakan port 10000 untuk mengaksesnya, jadi jangan lupa untuk allow port 10000 pada firewall setelah instalasi selesai.
    Anda bisa mengakses Webmin melalui browser dengan URL https://alamat-ip-server:10000 dan masuklah dengan menggunakan akun anda.

    Halaman login Webmin Dashboard Webmin

Sampai disini tutorial pemasangan Apache, MySQL, PHP serta aplikasi manajemen selesai dan server sudah siap digunakan untuk pengembangan lebih luas. Selamat mencoba.