Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Ubuntu

0
300

Setelah instalasi Ubuntu selesai, seperti yang telah dijabarkan pada tutorial Instalasi Ubuntu Sebagai Single OS sebelumnya, ada konfigurasi standar dan pemasangan aplikasi yang diperlukan agar Ubuntu dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Satu yang perlu diingat, jangan hubungkan komputer yang digunakan dengan internet terlebih dahulu. Untuk mempersingkat tutorial mari kita mulai saja langkah-langkahnya.

System Settings

Membuka System Settings
System Settings

 

Sebagai langkah awal, bukalah System Settings seperti yang terlihat pada gambar. Setelah jendela System Settings terbuka, anda dapat melihat beberapa fungsi yang dapat dilakukan penyesuaian. System Settings pada Ubuntu maupun sistem Linux lainnya sesungguhnya sama dengan Control Panel pada OS Microsoft Windows.

Konfigurasi yang dilakukan tentunya akan berbeda pada masing-masing individu users. Tujuan penyesuaian sistem agar Ubuntu dapat digunakan dengan nyaman untuk kebutuhan setiap saat. Namun disini, penulis akan memberikan penjelasan mengenai konfigurasi yang diperlukan pada beberapa fungsi yang memang harus di manajemen.

  1. Appearance
Appearance

Tampilan Desktop adalah yang terpenting ketika menggunakan sebuah mesin komputer. Aturlah sedemikian rupa agar anda betah menggunakan Ubuntu dan tidak melelahkan bahkan menjadi hal yang menyenangkan. Dimulai dari Wallpapers, besarnya Icons pada Launcher Bar sampai dengan Behavior dari desktop itu sendiri.

 

  1. Brightness & Lock
Brightness & Lock

Kenyamanan dalam menggunakan Desktop komputer tidak terlepas dari keamanan. Tentunya anda tidak ingin data rahasia anda terlihat oleh orang lain sementara anda lupa mengunci komputer yang sedang digunakan ketika anda meninggalkannya sebentar. Sesuaikan dengan yang anda inginkan pada fungsi Brightness & Lock untuk mengamankan komputer ketika idle. Selain itu, opsi ini juga berfungsi untuk menghemat daya, khususnya bagi mesin-mesin portable seperti laptop.

 

3. Security & Privacy

Security & Privacy

Masih seputar keamanan dan privasi, anda juga bisa mengatur lebih detail lagi pada fungsi Security & Privacy, seperti kapan password dapat digunakan, jejak data maupun aplikasi yang pernah anda buka, sampai dengan diagnosa sistem. Semua akan bekerja secara otomatis seperti dengan apa yang anda inginkan.

 

  1. Displays
Displays

Untuk penyesuaian layar monitor anda bisa lakukan pada fungsi Displays. Biasanya sistem Ubuntu telah mendeteksi secara otomatis untuk sisi tampilan layar, namun jika dirasakan masih kurang anda bisa mengaturnya disini.

 

 

  1. Mouse & Touchpad
Mouse & Touchpad

Dalam penggunaannya, komputer tidak terlepas dari fungsi Mouse maupun Touchpad yang umumnya digunakan pada komputer laptop. Anda bisa mengaturnya seperti yang anda inginkan pada fungsi Mouse & Touchpad.

 

 

  1. Power
Power

Pendayagunaan komputer tentunya tidak terlepas dari pemakaian sumber daya listrik. Dalam penggunaannya tentu perlu juga di manajemen, khususnya pada komputer-komputer laptop yang bila digunakan secara portable ia akan menggunakan sumber listrik dari battery. Pintar-pintarlah mengaturnya jangan sampai ketika sedang mengerjakan hal penting kapasitas listrik pada battery anda habis sementara di dekat anda tidak ada sumber listrik yang statik (saklar listrik). Di opsi Power anda bisa mengatur manajemen sumber daya listrik komputer anda secara efektif dan efisien.

 

  1. Software & Updates
Software & Updates

Salah satu opsi terpenting dalam sistem Linux adalah Software & Updates. Demikian penulis katakan karena mungkin banyak dari pembaca belum banyak mengetahui bahwa smart phone atau gadget yang anda gunakan sering melakukan updates ataupun instalasi aplikasi melalui komputasi cloud. Sesungguhnya konsep yang digunakan smart phone/gadget tersebut diambil dari sistem updates dan instalasi aplikasi yang digunakan Linux, karena secara core sistem smart phone yang beredar saat ini OS nya menggunakan base kernel dari Linux juga. Dalam pengaturan Software & Updates ini mungkin perlu kiranya penulis sedikit jelaskan perihal pengaturannya.

a.  Ubuntu Software

Ubuntu Software

Ketika anda membuka opsi Software & Updates anda akan langsung berada di tab Ubuntu Software. Pastikan anda mencentang seperti pada gambar untuk Downloadable from the Internet. Sesuaikan juga lokasi anda berada pada Download from (biasanya sudah terdeteksi sejak instalasi, jadi tidak perlu dirubah).

b. Other Software

Other Software

Berpindahlah ke tab Other Software dan pastikan Canonical Partners dan Canonical Partners (Source Code) tercentang keduanya.

 

 

c. Updates

Updates

Selanjutnya pada tab Updates, semua opsi Install updates from tercentang semua. Kemudian sesuaikan jangka waktu pemeriksaan update otomatis seperti yang anda inginkan. Yang terpenting disini adalah pada bagian Notify me of a new Ubuntu version terarah pada For long-term support versions.

d. Additional Drivers

Additional Drivers

Anda tidak perlu merubah apapun pada tab Authentication jadi langsung saja berpindah ke tab Additional Drivers. Lihatlah disana apakah ada daftar driver perangkat dari pihak ketiga yang terdeteksi oleh sistem Ubuntu. Jika ada anda bisa apply driver tersebut nanti setelah melakukan update sistem Ubuntu, jadi tahan dulu untuk saat ini. Kebetulan pada tutorial ini tidak terdeteksi driver tambahan yang dimaksud, yang artinya mesin komputer yang digunakan penulis semua hardware kompatibel dengan sistem Ubuntu.

Untuk bagian tab Developer Options tidak perlu melakukan penyesuaian. Selanjutnya anda bisa langsung menutup setting yang sudah dilakukan pada Software & Updates.

Menutup Software & Updates

Tekanlah Reload untuk menyimpan konfigurasi yang sudah ditetapkan. Jika muncul notifikasi error anda bisa menutupnya saja, notifikasi tersebut muncul disebabkan karena komputer belum terkoneksi dengan internet.

Sampai disini konfigurasi System Settings yang diperlukan secara dasar sudah cukup. Tutuplah jendela System Settings dan kita lanjutkan tahap selanjutnya.

 

Updates & Aplikasi Pendukung

Langkah selanjutnya adalah melakukan system updates Ubuntu. Untuk itu hubungkan komputer yang anda gunakan dengan jaringan internet. Koneksi internet dibutuhkan karena semua mekanisme pembaruan Ubuntu harus terhubung dengan komputasi cloud, layaknya sistem smart phone yang memerlukan update melalui jaringan internet seperti yang penulis jelaskan sebelumnya (download dan install).

Pembaruan (updates) sistem Ubuntu perlu dilakukan untuk meningkatkan performa, security maupun kompatibilitas sistem operasi serta aplikasi yang ada.

Jika komputer yang anda gunakan telah terhubung dengan internet mari kita mulai langkah updates serta penambahan aplikasi yang dibutuhkan.

  1. Updates

Bukalah Terminal yaitu aplikasi antar muka pengguna (user interface) dalam lingkungan textual (shell atau sering disebut command prompt pada Microsoft Windows) agar user dapat berinteraksi dengan mesin komputer melalui baris perintah (command line). Untuk cara singkat (shortcut key) membuka Terminal dalam Desktop Ubuntu anda bisa menekan tombol Control+Alt+T pada keyboard secara bersamaan.

Menambahkan Terminal di Launcher bar

Jika jendela Terminal sudah muncul anda bisa menguncinya (lock) di bilah Launcher Ubuntu dengan klik kanan pada Icon Terminal yang muncul di Launcher bar. Kemudian pilih Lock to Launcher. Tujuannya adalah agar shortcut Terminal terpasang disana dan mempermudah anda membuka aplikasi ini karena dalam lingkungan Desktop Linux aplikasi Terminal adalah aplikasi penting yang paling sering digunakan secara umum.

Memeriksa Updates

Kemudian perintahkan sistem untuk melakukan pemeriksaan updates/pembaruan dengan mengetik perintah pada Terminal :

sudo apt-get update

Tekan tombol Enter pada keyboard untuk mengeksekusi perintah. Ketiklah password anda jika muncul pertanyaan dan tekan Enter lagi untuk melanjutkan pemeriksaan updates sampai selesai.

Instalasi Updates

Jika pemeriksaan sudah selesai, selanjutnya adalah proses download dan instalasi updates. Jalankan perintah berikut untuk proses tersebut di Terminal :

sudo apt-get dist-upgrade

Tekan Y kemudian Enter jika ada pertanyaan untuk melanjutkan download dan instalasi updates. Biarkan sistem melakukan download dan install secara otomatis sampai dengan selesai. Apabila proses updates telah selesai tutuplah aplikasi Terminal dan reboot komputer anda agar semua updates bisa diterapkan dengan optimal.

 

  1. Aplikasi Pendukung

Login kembali ke dalam Desktop Ubuntu setelah reboot. Sampai disini anda sudah berhasil memperbaharui sistem Ubuntu yang anda gunakan. Namun secara mendasar Ubuntu masih belum maksimal untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari. Masih ada beberapa aplikasi penting yang perlu anda pasang/install, antara lain codec untuk memutar file multimedia baik secara local maupun streaming. Ubuntu juga memerlukan core fonts tambahan agar dapat membuka file-file Microsoft Office dengan baik. Selain itu, standarnya Ubuntu masih memerlukan add-on agar dapat membuka data kompresi seperti rar, 7z dan lainnya. Untuk itu marilah kita pasang aplikasi-aplikasi tersebut.

a. Multimedia dan Core Fonts

Instalasi Ubuntu Restricted Extras

Bukalah Terminal dan eksekusikan perintah berikut dibawah untuk menambahkan multimedia codec serta Microsoft core fonts :

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Biarkan proses instalasi berlangsung.

EULA License
Menyetujui EULA License

 

Pilihlah Ok dan Yes jika ada pertanyaan perihal lisensi EULA dan biarkan proses instalasi berjalan sampai dengan selesai.

Periksa codec multimedia

Jika pemasangan sudah selesai cobalah anda periksa dengan membuka aplikasi internet browser Mozilla Firefox. Kemudian jalankan perintar about:plugins pada address bar. Jika instalasi terpasang sempurna maka akan muncul daftar plugin multimedia pada halaman about:plugins, seperti tampak pada gambar.

b. Compression

Instalasi Compression Tools

Selanjutnya adalah menambahkan aplikasi dan add-on pendukung untuk membuka data yang terkompresi rar, 7z dan lainnya. Jalankan perintah berikut pada Terminal :

sudo apt-get install p7zip-rar p7zip-full unace unrar zip unzip sharutils rar uudeview mpack arj cabextract file-roller

Jika instalasi sudah selesai coba buka atau extract file kompresi yang anda miliki.

Sampai disini Desktop Ubuntu anda sudah siap digunakan untuk pemakaian sehari-hari, seperti bekerja dengan aplikasi office, browsing internet, memutar video atau lagu baik secara local maupun streaming. Anda juga bisa membuat, membuka sampai melakukan extract file-file kompresi yang biasa digunakan.

Jangan lupa untuk menerapkan driver pihak ketiga jika ada pada Addtional Drivers. Selamat mencoba.

 

Tutorial selanjutnya “Tweak dan Apps Ubuntu